Tingkatkan Penjualan dengan Tombol Call to Action yang Efektif

Salah satu kunci dalam website usaha yang sukses adalah CTA yang efektif. CTA atau Call to Action merupakan elemen sederhana pada website yang memberikan dampak yang luar biasa terhadap usaha online Anda. Pelanggan dengan mudah membeli produk di website usaha dengan mengklik satu tombol CTA saja. Namun, apakah CTA website usaha Anda mudah ditemukan dan sudah terlihat menarik? Jika belum, simak tips agar tombol CTA pada website usaha Anda semakin optimal!


1. Posisi dan Instruksi yang Jelas

Tombol CTA harus diletakkan pada posisi yang jelas dan mudah terlihat oleh pelanggan hanya dengan sekali pandang. Jangan biarkan tombol CTA ‘ngumpet’ di balik elemen-elemen website lainnya karena hal tersebut akan memengaruhi tingkat klik pada tombol CTA. Sebagai tambahan, gunakan kalimat atau kata instruksi yang singkat dan mudah dimengerti oleh pelanggan seperti “Beli Sekarang” atau “Add to Cart”.


2. Warna dan Ukuran yang Pas

Berikan warna yang kontras dari background website usaha Anda agar pelanggan melihat tombol CTA dengan mudah. Hindari penggunaan warna dan animasi yang berlebihan namun pastikan pelanggan mengetahui bahwa tombol tersebut dapat diklik. Lalu, buatlah tombol CTA pada website Anda dengan ukuran yang sewajarnya. Anda tidak ingin terlihat frustasi dengan tombol CTA yang terlalu besar, bukan?


3. Gambar yang Menarik

Percaya atau tidak, gambar pada website usaha Anda akan menarik perhatian pelanggan. Gunakan kesempatan ini untuk mengarahkan mereka ke tombol CTA website usaha Anda. Atau, gunakan elemen gambar lain seperti garis atau tanda panah yang mengarahkan pelanggan kepada tombol CTA Anda. Dengan begitu, mata mereka akan tertuju pada tombol CTA website usaha Anda dan segera mengklik tombol tersebut!

Lakukan beberapa tes atau eksperimen pada tombol CTA dan bandingkan hasil tes tersebut. Misalnya pada warna tombol, sebuah hasil kampanye menunjukkan peningkatan CTR (click through rate) sebesar 35% hanya dengan mengganti warna tombol CTA menjadi hijau. Menarik, bukan?


Ada yang ingin Anda tanyakan atau bagikan mengenai CTA? Silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

0 0
Feed