Sedikit Kejutan untuk Pelanggan Anda

Siapa yang tidak suka “kejutan”? Tentunya kejutan baik ya ☺ Sebagai pelanggan, Anda pasti suka sedikit kejutan yang ditawarkan sebuah merek, baik berupa hadiah atau promo menarik untuk berbelanja lebih hemat. Untuk itu, tidak salah jika pemilik bisnis juga menghadiahkan kejutan bagi pelanggan agar mereka makin setia dan dekat dengan Anda. Salah satu media untuk menawarkan kejutan ini adalah Facebook, Twitter, atau social media lainnya. Caranya? Kontes selalu dapat menarik hati para fans di media sosial, tentu dengan hadiah ciamik agar fans makin tertarik.


1. Kontes saran

Kontes saran sangat tepat untuk menggalang saran, opini atau suara fans terhadap produk atau jasa Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual sepatu model terbaru, cobalah meminta pendapat fans soal warna, bahan, tinggi hak, atau lainnya. Jangan lupa tawarkan hadiah bagi beberapa pelanggan yang beruntung. Agar jumlah vote lebih masal, kucurkan sebagian dana untuk memasang iklan pada FB atau Twitter. Selain meningkatkan awaraness merek bisnis, masukan berharga pun mengucur untuk kesempurnaan produk atau jasa Anda.


2. Kontes referral

Akrab dengan istilah member get member? Nah kontes pada facebook ini juga mirip-mirip cara tersebut. Cukup “Like” atau “Follow” akun social media bisnis Anda, lalu minta para fans sebarkan fanpage FB atau akun Twitter kepada teman-teman mereka. Semakin banyak teman yang direkomendasikan, makin besar pula peluang mereka mendapatkan hadiah. Sebelum menggelar kontes ini, pastikan konten kontes bermanfaat bagi fans agar mereka tak ragu menyebarkannya pada yang lain.

3. Kontes foto

Kontes ini cara paling mudah untuk diikuti oleh fans social media yang bisnis Anda miliki. Hanya berbekal kamera ponsel, fans cukup menjepret sesuatu atau dirinya sesuai instruksi yang Anda tetapkan. Foto pun kadang lebih “bersuara” dibanding kata-kata sehingga cenderung lebih banyak untuk disukai juga disebarkan. Agar foto yang diikutsertakan sesuai harapan, buat beberapa aturan seperti tidak boleh mengandung SARA, seksual, dll agar kontes berjalan aman tanpa kicauan protes.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah selalu sertakan alamat website Anda pada kontes, agar mereka melihat isi toko online dengan lebih lengkap. Siapa tahu setelah mengintip website bisnis Anda, mereka pun tertarik untuk membeli sesuatu.

0 0
Feed