Lima Tips Berjualan Makanan Online

Pada masa yang serba terhubung dengan internet ini, semakin banyak saja orang yang menjual dan membeli barang secara online, tak terkecuali makanan. Hal ini membuat para pemilik bisnis ini melirik peluang yang bisa mereka temukan dengan berjualan online.


Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang wirausaha yang sudah menjamur di tanah air, mulai dari yang bersistem franchise hingga catering ala ibu-ibu rumah tangga dan restoran. Terlebih, masyarakat Indonesia terkenal suka makan. Tidak heran, bisnis yang satu ini dipandang memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Nah, apa saja kiat yang harus Anda lakukan agar bisnis kuliner Anda laris manis di dunia internet? Yuk simak 5 tips berikut!

1. Tentukan merek dan logo dagang Anda

Merek dan logo berperan sebagai “wajah” yang merepresentasikan bisnis Anda. Jadi, pilihlah logo yang menggambarkan produk sehingga pelanggan mudah mengingat Anda. Nantinya merek dan logo ini dapat Anda gunakan untuk website, foto perusahaan, iklan, dsb.

2. Jelaskan deskripsi makanan yang dijual

Calon pembeli Anda tidak dapat mencicipi makanan yang Anda jual secara online. Jadi, gunakan foto dan caption menarik untuk menjelaskan tentang makanan tersebut. Pssttt…penjelasan dengan kata-kata seperti manis, asin, pedas dan sebagainya dapat memberikan imajinasi tentang produk Anda dan menggugah selera pembaca lho!

3. Jelaskan manfaat makanan Anda

Masyarakat masa kini sangat peduli dengan kandungan gizi dan kalori yang dikonsumsi. Jadi, coba cari manfaat dari makanan Anda dan tuliskan hal tersebut sehingga calon pembeli tidak hanya sekedar merasa ingin, namun perlu membeli makanan Anda. 


4. Gunakan Website untuk berjualan

Memiliki website sendiri membuat bisnis Anda lebih bonafit. Selain itu, bisnis Anda menjadi lebih mudah ditemukan di dunia internet. Dengan website, Anda dapat membagi makanan yang Anda jual per kategori sehingga memudahkan calon pelanggan untuk menemukan informasi mengenai produk yang ia cari.

5. Selalu Respon Pelanggan Anda

Anda tentu akan segera melayani pertanyaan yang diberikan pelanggan yang sedang mengunjungi toko Anda, bukan? Nah, hal yang sama terjadi di dunia online. Tentu lebih mudah mengacuhkan pertanyaan di dunia internet karena Anda tidak bertatap muka. Namun, dengan menjawab pertanyaan pelanggan secara efektif, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan membuktikan bahwa bisnis Anda tidak main-main.


Selamat mencoba!

0 0
Feed