Istilah-Istilah Penting di Dunia Online

Terjun di dunia online membuat Anda dihadapkan pada istilah-istilah yang mungkin terdengar asing. Berikut enam istilah online yang wajib Anda ketahui :


1. Domain

Adalah nama unik yang digunakan sebagai identifikasi satu atau lebih alamat IP sebuah website. Unik berarti tak akan ada nama domain yang sama. Umumnya, domain
memiliki akhiran .com, .net, .org, .biz, .co.id, dan lainnya. Soal nama, Anda bisa membelinya sesuai yang Anda inginkan dengan biaya tahunan.

2. Hosting

Jika data website diandaikan sebagai mobil, maka hosting adalah lahan parkirnya. Artinya, seluruh aset atau data yang ada di website akan disimpan di dalam sebuah hosting. Memang, ada pihak yang memberikan hosting gratis, namun dengan fitur dan kapasitas yang terbatas. 


3. Keyword atau Kata Kunci

Kata kunci erat kaitannya dengan mesin pencari. Kata kunci berarti kata atau kalimat yang digunakan seseorang saat mencari informasi tertentu di mesin pencari seperti Google.

4. Marketing Online

Anda pasti sering melihat iklan di televisi atau media cetak. Di dunia online, kegiatan macam ini akrab dengan sebutan marketing online. Anda akan melihat iklan produk atau jasa saat mengunjungi sebuah portal berita, bermain game online atau saat mencari informasi di mesin pencari.


5. Pay Per Click


Dalam marketing online, istilah pay per click berarti bayar setiap satu klik. Ini merujuk pada iklan online yang terpasang di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Biaya iklan yang harus dibayar pun tergantung dari berapa banyak orang yang meng-klik iklan tersebut.

6. SEO (Search Engine Optimization)

Adalah suatu cara untuk mengoptimalkan posisi website dalam sebuah mesin pencari. Optimasi terbaik dicapai saat website berada di posisi teratas di halaman pertama mesin pencari (search engine) jika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu.

Nah, dari keenam istilah di atas manakah yang paling sering Anda gunakan dalam keseharian usaha online? Atau mungkin Anda sering dengar istilah online yang lain dan belum kami sebutkan? Yuk, bagikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

0 0
Feed