Fakta Unik Konsumen Online Wanita

Wanita memiliki perilaku yang berbeda-beda saat mereka sedang berbelanja online tergantung dengan ketertarikan mereka terhadap produk-produk tertentu. Misalnya, sebagian wanita yang gemar bersolek akan ‘berselancar’ di laman e-commerce kosmetik dan sebagian yang gemar kuliner akan betah berlama-lama di laman snacks atau makanan. Dengan beragam ketertarikan dan kecenderungan ini, ada beberapa fakta unik mengenai perilaku konsumen online wanita yang dapat Anda hubungkan dengan pengalaman Anda sebagai konsumen wanita yang gemar berbelanja online.


1. Women Domination

Seperti yang dilansir oleh ComScore di id.techinasia.com, 46 persen pengguna internet di dunia adalah wanita. Walaupun angka ini lebih sedikit dibanding pria, pengguna
wanita tetap mendominasi ranah dunia digital ini dengan menghabiskan 24,8 jam per bulan untuk online. Dalam ranah e-commerce pun pengguna wanita lebih banyak dibanding pria khususnya di Indonesia. Hal ini mungkin didukung oleh anggapan bahwa wanita memang lebih gemar berbelanja ketimbang pria.

2. Information Seeker

Aktifnya pengguna wanita saat ‘berselancar’ di internet ini dimanfaatkan untuk mencari informasi mengenai produk yang mereka inginkan se-detail mungkin. Mereka gemar mencari fitur, keuntungan, review bahkan melihat testimoni yang berhubungan dengan produk ataupun toko online yang sedang mereka tilik. Dengan segala informasi yang mereka dapatkan, lalu para pengguna wanita ini akan memutuskan untuk membeli.


3. Up-To-Date Consumer

Pengguna wanita memiliki perilaku konsumen yang unik yaitu kerap meng-update berita promo secara aktif. Mungkin hal ini membuat pengguna wanita lebih aktif di internet dibanding oleh pria. Yup! Wanita mana yang tak tergiur dengan diskon atau promo terhangat dari produk yang diinginkan? Jadi, sudah siap dengan promo besar-besaran di akhir tahun ini, girls?

4. ‘Word of Mouth’ Power

Seperti yang dilansir oleh fbmoneyengine.com, 78 persen pengguna perempuan gemar berbagi informasi baik di media sosial maupun dari mulut ke mulut pasca mereka berbelanja online. Oleh karena itu, pengguna wanita tergolong serius dalam berbelanja online karena selain rela meluangkan waktu untuk mencari informasi se-detail mungkin, mereka pun rela meluangkan waktu untuk berbagi informasi pasca belanja bahkan menulis review mengenai produk yang mereka beli.

Nah, itulah empat fakta unik mengenai konsumen wanita saat mereka berbelanja online. Dengan dominasi wanita, pencari informasi yang detail, konsumen yang sangat up-to-date dan kekuatan dari mulut ke mulut, Anda sebagai pelaku bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan wanita dapat memahami dan mengatasi perilaku konsumen wanita agar bisnis Anda menjangkau mereka.

Bagaimana? Ingin mencoba strategi khusus untuk pelanggan online wanita Anda?

0 0
Feed