Empat Tips Fotografi Agar Foto Makanan Makin Menggugah Selera

Foto yang menarik adalah salah satu elemen penting untuk berjualan kuliner di dunia digital. Para pelanggan akan menilai produk makanan Anda dari hasil foto pada website usaha Anda karena mereka tidak dapat melihat atau mencobanya langsung. Untuk menghasilkan foto yang menarik dan menggugah selera makan, tidak cukup dengan asal ‘jepret’ saja, loh. Kami punya empat tips yang mudah untuk Anda coba dan langsung akan membuat para pengunjung website ingin mencicipi hidangannya!


1. Fokus pada Objek Foto

Berilah jarak di antara lensa dan objek foto produk makanan. Hindari pengambilan gambar yang terlalu dekat agar makanan tersebut dapat ‘bernapas’. Ambil gambar berukuran close up dengan sisa ruang yang dapat dihias dengan beberapa alat penunjang yang cocok seperti serbet dan rempah-rempah berwarna terang. Satu hal yang paling penting adalah jangan lupa perhatikan kebersihan objek makanan Anda, ya!


2. Pencahayaan (Lighting)


Pencahayaan yang baik untuk fotografi makanan adalah cahaya yang lembut, tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang. Contohnya sumber pencahayaan dari jendela di pagi atau sore hari, namun hindari cahaya langsung dari matahari atau lampu karena itu akan merusak foto yang Anda bidik. Jika cahaya terlalu redup, atur kamera Anda dengan ISO yang rendah dan exposure speed yang agak lama. Anda juga dapat menggunakan tripod agar gambar yang dihasilkan tidak buram.

3. Bereksperimen dengan Sudut


Terkadang sebuah objek akan terlihat lebih bagus dari sudut tertentu. Untuk mengetahui sudut mana yang akan menghasilkan sebuah foto yang bagus, Anda harus bereksperimen dengan semua sudut. Berkelilinglah sekitar meja dan lihat perubahan cahaya mana yang dapat membuat makanan Anda terlihat lebih atau kurang indah. Lalu, pilih hasil foto yang paling sempurna untuk menggugah selera makan pelanggan Anda!

4. Berkreasilah!


Jika foto makanan Anda terlalu plain (polos), saatnya bagi Anda untuk berpikir sekreatif mungkin! Anda dapat bereksperimen dengan warna-warna kontras dengan menggunakan backdrop warna-warni untuk menonjolkan komposisi warna pada produk makanan Anda. Membelah atau mengiris makanan pun dapat menonjolkan tekstur dan detil bagian dalam makanan. Terakhir, coba tambahkan sentuhan personal dengan memposisikan tangan yang menyentuh atau mengambil makanan tersebut.

Itulah empat tips yang akan membuat pelanggan tertarik untuk icip-icip produk makanan Anda. Apakah Anda tahu? bDigital kini hadir dengan Creative Department yang menyediakan jasa fotografi bisnis dan branding visual menarik nan profesional. Untuk lihat portfolio, kunjungi kami di halaman ini

0 0
Feed